Contact Us

Friday, May 1, 2015

Tips Mencuci Mobil Berwarna Putih

1. langkah awal sebaiknya bersihkan dahulu dengan kemoceng saat kondisi mobil saat masih kering. karena, bisa jadi mobil terlihat bersih sebelum kita mencucinya, akan tetapi sebenarnya ada debu atau kerikil kecil yang menempel pada body mobil tersebut. Sapuan dengan kemoceng bisa menghilangkan debu yang bisa melukai cat mobil.



2. Perhatikan sumber air, Hindari penggunaan air yang langsung diambil dari tanah/sawah. Pastikan Anda memilih air untuk mencuci mobil yang sudah mengalami penyulingan (air pam). Air yang langsung dari tanah bisa membuat cat putih cenderung kemerahan jika digunakan dalam waktu lama.

3 Saat menyemprotkan air ke mobil, usahakan untuk melakukannya dari atas terlebih dahulu, agar kotoran benar-benar larut ke bawah, dan bukan justru tersemprot dan pindah ke atas.

4. Jangan terlalu sering menggunakan sabun. Bila terlalu sering menyabuni, senyawa kandungannya dapat menyebabkan pernis cat terkikis. Hanya untuk kotoran membandel barulah sabun digunakan. 

Khusus untuk mobil putih, lebih baik menggunakan sabun pH seimbang atau pada kisaran pH 6-8. Namun, diutamakan untuk memilih sabun di bawah pH 7,5. Sabuni kendaraan setelah disiram air.

5. Pasca dimandikan, segera keringkan mobil Anda dengan lap yang tidak lembab. Jangan terlalu lama meninggalkan mobil berwarna putih dalam keadaan basah, karena bercak air lebih cepat tertahan.

6 Sewaktu mengeringkan, dahulukan mengelap dengan memakai kanebo. Setelah itu, sempurnakan pengeringan dengan lap micro-fiber untuk membersihkan permukaan mobil yang masih lembab. Lap jenis ini membersihkan kelembaban permukaan mobil lebih baik sehingga bisa kering total.

7 Cermati arah mengelap mobil. Kala menggunakan kanebo, cukup tekankan kanebo ke bagian yang basah. Kemudian, lap dan sapu mobil dengan arah maju mundur dan hindari memutar-mutar lap micro fiber/kemoceng.

Kiat merawat mobil berwarna putih:
1. Sinar matahari yang mengandung ultraviolet cukup berbahaya untuk ketahanan cat mobil. Karenanya, Anda perlu perhatikan pemarkiran sehabis mencuci mobil. Jauhkan mobil dari terkena sinar matahari secara langsung dan lebih baik memilih tempat parkir yang beratap.

2. Sudah dipastikan kalau mobil putih harus lebih sering di-wax. Pilihlah krim wax yang khusus untuk mobil berwarna putih dan sesuai jenis cat. Saat menggosok, pilihlah kain micro fiber/spons dan hindari penggunaan kain lap bekas atau kanebo.

3. Lakukan polishing pada mobil putih dalam waktu yang tidak terlalu cepat atau 6-12 bulan sekali. Pilih bahan pengilap yang memberi tampilan shining look yang juga sesuai jenis cat.

4. Berbeda dengan mobil berwarna lain, mobil putih tak memerlukan kompon untuk membersihkan baret-baret halus atau jamur. Langsung saja gosok mobil dengan krim wax saat hendak mengangkat noda pada cat.

Selamat Mencoba Tips dan Cara Mencuci Mobil Anda yang Berwarna Putih, Sebagai Rekomendasi Kendaraan anda dapat di service secara menyeluruh melalui dengan datang ke Salon Mobil terdekat.

Sumber : Sari Saraswati

0 comments:

Post a Comment